LOMBA VIDEOGRAPHY

PERSYARATAN DAN KETENTUAN LOMBA VIDEO GRAPHY FESTIVAL MAHASISWA
FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE

TAHUN 2020


 

PENDAHULUANDaftar

Sampah adalah masalah lingkungan yang selalu  menghantui kehidupan kita. Saat ini, masalah sampah begitu membutuhkan solusi nyata dari seluruh pihak. Membuat sampah menjadi sesuatu yang unik dan ramah lingkungan adalah cara kita menyelamatkan bumi dari sampah yang volumenya kian membeludak ini. Banyak hal kreatif dan inovatif uang bisa kita lakukan. “Sampahku sayang, Bumiku menang”. Tema yang di usung pada lomba videografi ini diharapkan dapat menghasilkan karya yang akan menjadi acuan kesadaran setiap orang yang menikmati karya yang ada.
Bahwa sampah memiliki peluang bagi kita bilamana bisa didaur ulang, selain mengurangi banyaknya sampah juga bisa menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual, sebaliknya jika sampah tidak dikelola dengan baik dan benar, maka nasib bumi akan kalah dan akan semakin rusaklah seluruh kehidupan yang ada dibumi.
Mari kita jaga dari serakan sampah yang kian ada dimana-mana. Sampah itu bahaya aku untuk keselamatan bumi kita.
Dengan adanya lomba Videografi ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk menigkatkan daya kreatifitas yang memumpuni dalam mengelola dan memanfaatkan sampah untuk kebrlanjutan hidup di bumi yang bersih, indah dan asri. Diharapak “Video yang dibuat oleh kawan-kawan peserta untuk dilombakan nanti berisi aksi-aksi nyata, yg sifatnya mengelola dan menangani sampah dengan baik dan benar demi keberlanjutan lingkungan yang sehat.

SYARAT LOMBA

  1. Lomba terbuka untuk seluruh PTN/PTS se-Indonesia;
  2. Video merupakan cerita pendek bertema tentang lingkungan (sampah);
  3. Spesifikasi Video:
    • Durasi maksimal 5 menit
    • Bebas menggunakan kamera jenis apapun dengan minimum resolusi 1280 x 720 pixel, dengan audio track : Audio stereo, 128 kbps
    • Video dapat berupa Vlog, video music, documenter, film pendek ataupun jenis video lainnya
    • Format hasil karya berupa MOV, AVI, MPEG atau MP4;
  1. Video yang diikutkan dalam lomba merupakan karya baru pribadi atau kelompok yang original, bukan hasil jiplakan dan/atau mengambil sebagian hak cipta orang lain dan peserta bertanggungjawab penuh terhadap karya yang dikirimkan. Berikut Format “Pernyataan Oroginalitas Karya Video”  yang dapat didownload.
  2. Karya belum pernah dipublikasikan atau dikirimkan ke lomba video lainnya.
  3. Apabila dikemudian hari terdapat gugatan hak cipta, pihak panitia tidak bertanggung jawab terhadap hal tersebut, panitia akan berasumsi bahwa seluruh film yang diikutsertakan merupakan karya orisinil peserta.
  4. Bahasa yang dapat digunakan di dalam keseluruhan video adalah bahasa Indonesia, bahasa asing, maupun bahasa daerah. Jika menggunakan bahasa asing atau daerah diwajibkan untuk menyertakan subtitle (terjemahan) dalam bahasa Indonesia.
  5. Setiap peserta boleh mengikutsertakan lebih dari 1 (satu) video/
  6. Video tidak boleh mengandung unsur yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia; Kesusilaan, moral, perdukunan/mistik dan SARA (Suku, Agama, dan RAS) tertentu, kekerasan, promosi produk komersial, serta tidak mengandung unsur pornografi.
  7. Peserta harus mengisi formulir pendaftaran lengkap yang berisi semua keterangan mengenai data diri, judul dan sinopsis film yang diajukan.
  8. Video yang dikirimkan menjadi milik panitia dan dapat secara bebas digunakan dalam rangka kegiatan di lingkungan di Fakultas Perikanan dan Kelautan Unkhair dan tetap memberikan hak ciptanya kepada Kreator.
  9. IG, InstagramVideo yang diikutkan lomba diunggah pada Google Drive dan mengirimkan tautannya ke panitia melalui surel dengan Subjek : “Lomba Videography FPK Unkhair 2020” ke email fpik@unkhair.ac.id
    paling lambat tanggal 30 Oktober 2020
    dengan melampirkan : KTM, Keterangan Mahasiswa Aktif dan Pernyataan Oroginalitas disertai dengan Nama Lengkap, Asal Perguruan Tinggi, Nomor WA yang bisa dihubungi, serta Jenis dan Judul Video.
    Selain diunggah ke ke GDrive dan dikirim ke E-Mail di atas, video juga diupload ke IG dan
    TAG (@) IG Fiesta FPK 2020
  10. Peserta harus mempunyai master video dengan kualitas baik (HD/ Full HD) untuk penayangan penjurian.
  11. Pihak panitia dan dewan juri tidak bertanggung jawab atas hal apapun mengenai video yang dikirimkan apabila terjadi penuntutan kepemilikan/hak cipta atas sebagian/seluruh bagian video yang dikirim dan hal-hal lainnya yang membuat kerugian dengan nilai ataupun tanpa nilai bagi peserta maupun pihak lain.
  12. Panitia berhak mendiskualifikasi video peserta sebelum dan sesudah penjurian apabila dianggap tidak memenuhi ketentuan.
  13. Peserta dianggap telah menyetujui semua persyaratan yang ditetapkan atas karya video yang dikirim.
  14. Video yang dikirimkan berhak disiarkan atau ditayangkan oleh panitia.
  15. Penyelenggara lomba; Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Unkhair.

KRITERIA PENILAIAN

  1. Originalitas atau bukan merupakan karya plagiasi.
  2. Tidak menyinggung, memicu pertentangan dan atau permusuhan antar Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA), tidak melanggar hukum, atau menyebarkan ideologi atau ajaran tertentu yang dilarang oleh hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
  3. Kesesuaian tema dengan substansi dan nilai pesan yang disampaikan ((eskplisit/ implisit)
  4. Kesesuaian dengan jenis/bentuk video yang dipilih (film pendek/vlog/documenter, dll)
  5. Pengambilan angle, momen, pencahayaan; dan kreativitas.
  6. Keputusan dewan juri dan panitia dalam melakukan seleksi dan membuat kebijaksanaan bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

 

PENGUMUMAN DAN HADIAH PEMENANG

  1. Pemenang Lomba akan diumumkan pada saat acara puncak Festival Mahasiswa Fakultas Perikanan Dan Kelautan Universitas Khairun Ternate Tanggal 10 November 2020 melalui Website http://fpi.unkhair.ac.id dan akan dihubungi panitia
  2. Video terbaik akan dipilih 1 Pemenang Utama.

Disediakan hadiah bagi pemenang utama dan 2 nominator terbaik.

Berminat ? Silahkan Isi Formulir Pendaftaran di Sini 

Narahubung : Nurul Hanifah WA +6281241154520


NB :

Setiap peserta harus Mengunduh TWIBBON DI SINI atau langsung download di link download di Widget Website ini dan mengupload di Instagram pribadi dengan caption semenarik mungkin dengan tagar :
#FIESTA2020
#FromTrashToCash
#LKTIN2020

#Essay2020
#Videografi2020
#Inovasiproduk2020
#ECONUSA
#FPKUNKHAIR


Lalu tag INSTAGRAM  fiesta_fpkunkhair2020
dan 5 teman Anda. 



 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *