Tiga Orang Dosen Universitas Khairun Telah Selesai Mengikuti Program Pengembangan Tenaga Profesiona

Administrator Selasa, 24 April 2018 - 19:54:16 WIB Dibaca : 800 Kali Kategori : Info Kampus

Tiga Orang Dosen Universitas Khairun Mengikuti  Program Pengembangan  Tenaga Profesional di Bidang  Kelautan dan Perikanan di Maluku dan Maluku Utara.

Southern Cross University (SCU)-Australia telah memberikan kesempatan kepada para ahli kelautan dan perikanan melalui program Profesional Development for Marine and Fisheries Leadership Maluku and North Maluku yang didanai oleh Australia Awards Fellowship kepada tiga orang dosen dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Khairun.

Program ini telah berlangsung selama empat minggu daritanggal 18 maret hingga 16 april 2018 dengan topic utama yakni eksplorasi pengelolaan perikanan dan akuakultur, pengelolaan limbah di pesisir dan laut, daerah perlindungan laut serta manajemen wisata bahari. Pelatihan ini akan dibimbing langsung oleh para peneliti dan ahli dari Southern Cross University yang bertempat di kampus SCU di Lismore dan National Marine Science Center di Coffs Harbor.

Dr Nurhalis Wahiddin, salah seorang peserta dari program studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan banyak manfaat khususnya di bidang keahliannya, coral reef biodiversity dan marine GIS and remote sensing. “Kami bertemu langsung dengan beberapa ahli karang yang meneliti tentang coral reef spawning di wilayah Great Barrier Reefs serta belajar bagaimana penggunaan Drone untuk pemantauan pergerakan ikan hiu dan pemetaan wilayah dalam rangka pembentukan daerah perlindungan laut dan manajemen wisata bahari.

Peserta Program Pengembangan Tenaga Profesional di Bidang Kelautan dan Perikanan di Maluku dan Maluku Utara dari dosen FPIK Unkhair

 

Pengalaman yang lain diceritakan oleh Ridwan Lessy, peserta dari program studi Ilmu Kelautan. Beliau mengungkapkan bahwa “Selain pembelajaran di kelas, metode kunjungan lapangan juga memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman.   “Kami telah mengunjungi beberapa pusat penelitian yang dibiayai oleh pemerintah Queensland seperti Ecosciences Precint yang membantu pemerintah Queensland untuk menejemen perikanan tangkap serta Bribie Island Research Center yang mendukung kegiatan budidaya untuk industry, selian itu kami juga melihat langsung bangaimana peran dari suku asli aborigin dalam pengelolaan taman nasional”  ungkapnya.

Selian kedua dosen tersebut, seorang peserta lainnya, ibu Khamsia Ahmad  dari program studi Budidaya Peraiaran menceritakan pengalamnnya yang menarik dari program ini adalah tentang bagaimana para peneliti di SCU membudidayakan bulu babi (echinoidea) yang bernilai ekonomis tinggi dan kepiting pasir dalam kolam penampungan serta meneliti pengaruh perubahan iklim terhadap perkembangan organisme laut.

Menurut  informasi yang diperoleh bahwa program ini akan berlangsung selama tiga tahun dan ini merupakan tahun pertama. Di tahun pertama ini merupakan inisiasi penyusunan strategi kolaborasi di masa  depan. Untuk itu, semua institusi yang terlibat dalam program ini akan bekerjasama baik dalam hal pengembangan institusi masing-masing maupun pengembangan potensi kelautan dan perikanan di daerah Maluku dan Maluku Utara.

 

Related Post

Comments (238)
  1. 25 April 2018 - 13:26:19 WIB jasa cetak paperbag online

    saya berterimakasih karena website ini selalu memberikan hal menarik kepada para pembaca

  2. 26 April 2018 - 09:23:02 WIB jasa cetak map online

    terimakasih karena telah setia menemani dan terus bertahan selama ini.

  3. 26 April 2018 - 11:58:55 WIB jasa cetak notes online

    website ini mempunyai banyak sekali informasi menarik untuk parapembaca terus update gan

  4. 27 April 2018 - 14:31:56 WIB bikin sweater desain sendiri

    Terimakasih atas informasinya yang bermanfaat ini semoga pembaca sangat kagum atas artikelnya

  5. 30 April 2018 - 10:31:56 WIB buat kaos desain sendiri

    informasi ini sangat bagus sekali untuk di baca

  6. 30 April 2018 - 13:58:04 WIB Peluang usaha sampingan di Jepara

    website ini mempunyai banyak sekali informasi menarik untuk parapembaca terus update gan

  7. 01 Mei 2018 - 09:06:42 WIB Peluang usaha sampingan di Madura

    informasi yang bagus sekali semoga info ini bermanfaat bagi orang lain

  8. 01 Mei 2018 - 10:05:51 WIB Peluang usaha sampingan di Karawang

    informasi ini sangat bagus sekali untuk di baca

  9. 01 Mei 2018 - 11:00:20 WIB Peluang usaha sampingan di Klaten

    baik sekali agan membuat informasi yang bagus seperti ini lanjutkan

  10. 01 Mei 2018 - 13:05:43 WIB Peluang usaha sampingan di Kotabaru

    website ini mempunyai banyak sekali informasi menarik untuk parapembaca terus update gan

<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 24 | Next > | Last >>

LEAVE A REPLY