Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Unkhair dalam Kegiatan Field Trip

Administrator Kamis, 03 Januari 2019 - 20:14:35 WIB Dibaca : 298 Kali Kategori : Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan

INFORMASI KEGIATAN FIELD TRIP PROGRAM SUDI MANAJEMEN SUMBEDAYA PERAIRAN FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUATAN UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE

Pendidikan pada hakikatnya merupakan proses pengembangan kemampuan seseorang dalam menumbuhkan rasa percaya diri sendiri, serta sikap dan perilaku yang inovatif (ingin menemukan hal-hal baru yang lebih baik, dan kreatif/penuh daya cipta). Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) sebagai salah satu program studi di Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Khairun (UNKHAR) Ternate berupaya mengembangkan kemampuan mahasiswanya dalam kegiatan Field Trip. Kegiatan ini diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan belajar dengan menciptakan suatu lingkungan atau kondisi yang baru dan sesuai dengan kenyataan yang ada. Field Trip adalah sebuah perjalanan lapangan yang dikenal sebagai perjalanan olehe sekolompok orang ke tempat jauh dari lingkungan mereka untuk melakukan penelitian, pendidikan, non ekseprimental atau untuk menyediakan mahasiswa di luar kegiatan yang biasa dilakukan.

            Kegiatan Field Trip yang dilaksanakan pada tanggal 26-29 Desember di Desa Tuada Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat dan diketuai oleh Salim ABubakar, S.P, M.Si. ini melibatkan seluruh mahasiswa dengan jumlah 229 orang dan Dosen dari program studi MSP sebanyak 14 orang.  

Kegiatan Field Trip yang dilaksanakan kali ini dilaksananakan dengan 9 (semnilan) rangkaian kegiatan antara lain :

  1. bakti sosial,
  2. penyuluhan,
  3. sosialisasi program studi,
  4. pelatihan kreasi olahan ikan,
  5. pelatihan teknik persemaian bibit mangrove,
  6. praktikum mata kuliah,
  7. bina akrab antara seluruh civitas akademika MSP Unkhair,
  8. lomba/game dan
  9. penandatangan MoU antara Program Studi MSP FPK Unkhair dengan pemerintah Desa Tuada Sebagai Desa Binaan.

 

Kegiatan diawali dengan bakti sosial pada sore hari Rabu, 26 Desember 2018 yang meliputi pembersihan kuburan (Semeseter 1) , tempat ibadah (semester 3), pantai (semester 5) dan kantor desa (semester 7, 9, 11, 13). Bina akrab dilakukan pada pada malam harinya untuk membina karakter mahasiswa manjadi lebih baik, dapat menghormati dan menghargai dosen dan sesama mahasiswa. Kegiatan praktikum mata kuliah, kreasi olahan ikan, sosialisasi program studi dan penyuluhan dilakukan pada hari Kamis, 28 Desember 2018 pada pukul 08.00-17.00 WIT. Sedangkan pelatihan teknik persemaian bibit mangrove dan lomba/game pada hari Jumat, 29 Desember 2018. Kegiatan  melibatkan semua masyarakat mulai dari tingkat SD, Ibu Darmawati, pemuda  maupun Tokoh masyarakat. Masyarakat sangat antusias dengan kegiatan Field Trip karena berbagai kegiatan seperti kreasi olahan ikan, penyuluhan, teknik persemaian bibit mangrove dan lomba-lomba masyarakat terlibat langsung dan menjadi peserta lomba.   

 

Kegiatan ini akan selalu dilakukan setiap tahun karena manfaat dilakukan kegiatan Field Trip yaitu merangsang minat mahasiswa, mendorong mahasiswa mengenal lingkungan lebih baik, melatih bersikap objektif dan terbuka terhadap lingkungan, memperluas wawasan dan informasi, meningkatkan kemampuan hidup bermasyarakat, memberikan pengalaman nyata, menanamkan sikap menghargai sesama dan karya orang lain dan mebentuk pola pikir yang kritis dengan memandang dunia secara cermat.

Related Post

Comments (93)
  1. 04 Januari 2019 - 08:34:53 WIB Dropship hijab terbaru

    sering-sering update lagi artikelnya

  2. 04 Januari 2019 - 09:01:39 WIB Konveksi Baju Bandung

    baik sekali agan membuat informasi yang bagus seperti ini lanjutkan

  3. 04 Januari 2019 - 09:30:14 WIB Rental mobil cirebon