Fakultas Perikanan dan Kelautan Unkhair Sukses Menggelar Gerakan Bersih Pantai di Kota Ternate

World Cleanup Day

FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN UNKHAIR bekerjasama dengan Kementrian KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP dan KEHUTANAN beserta YAYASAN ECONUSA sukses menyelengarakan Gerakan Bersih Pantai di Kota Ternate pada tanggal 19/20/2020.

Gerakan Bersih Pantai yang mengusung tema  “Pemuda Maluku Utara Mendukung Gerakan Indonesia Bebas Sampah Plastik Untuk Laut Sehat Berkelanjutan” ini dilaksanakan di tiga Kelurahan yakni Kastela, Muhajirin (Pantai Nukila) dan Kelurahan Tobololo.

Kegiatan ini melibatkan peserta kurang lebih sebanyak 100 orang dari mahasiswa FPIK UNKHAIR, komunitas JEEP dan masyarakat pesisir, selain itu juga diserahkan secara simbolis rumah terumbu karang dari KLHK kepada mahasiswa FPIK UNKHAIR.

 

Setelah kegiatan berlangsung selama dua hari, diketahui bahwa jumlah sampah yang berhasil dikumpulkan oleh seluruh peserta yang terlibat sebanyak 2.467 kg atau 2 ton 467 kg sampah yang dikumpulkan disepanjang 1,2 km. Jumlah ini merupakan estimasi dari perhitungan berat sampah basah dan sampah kering di tiga lokasi kegiatan. Di Pantai Kastela, sampah basah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 13 karung dengan berat rata-rata per karung seberat 50 kg/karung , sampah kering sebanyak 17 karung dengan berat rata-rata 35 kg/karung.  Sampah yang dominan dikumpulkan di pantai sepanjang 1,5 km ini adalah pempers, plastik, karet band dan botol minum. Di pantai Nukila, sampah basah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 231 kg, sedangkan di Pantai Tobololo sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 22 karung dengan berat rata-rata sebesar 45 kg/karung sehingga total berat sampah yang berhasil dikumpulkan di Pantai ini adalah 990 kg dengan sampah yang dominan botol minuman, gelas aqua, sedotan minuman dan pampers.

 

Semua sampah yang terkumpul di lokasi kegiatan telah disalurkan ke tempah pembuangan sampah akhir untuk diproses dan atau didaur ulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *