Memperingati World Cleanup Day, FPK Unkhair bersama KLHK dan YAYASAN ECONUSA akan melaksanakan pembersihan pantai di KOTA TERNATE

Dalam rangka memperingati world clean up day  FAKULTAS PERIKANAN KELAUTAN bersama KEMENTRIAN LINGKUNGAN HIDUP dan KEHUTANAN beserta YAYASAN ECONUSA pada tanggal 19/20/2020 akan melaksanakan pembersihan pantai di KOTA TERNATE yakni di kawasan Kelurahan Kastela dan Tobololo. Karena mengingat tingkat jumlah populasi sampah yang dari tahun ke tahun terus meningkat.

Menjaga kebersihan pantai harus menjadi tanggungjawab dan kesadaran  bersama, banyaknya sampah di pesisir mengindikasikan pengelolaan sampah selama ini belum sesuai dengan metode dan teknik pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan, jumlah timbulan sampah nasional pada 2020 mencapai 67,8 juta ton jika kita tidak melakukan kebijakan dan upaya-upaya dalam mengatasi sampah ini maka diperkirakan tahun 2050 komposisi sampah kita akan mejadi dua kali lipat.

Menurut Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate, sampah yang ada di Kota Ternate belum terkelola dengan baik, sehingga kondisi lingkungan semakin hari semakin menumpuk, terutama di kawasan bebas sampah. Dan pada tahun 2019 produksi sampah yang ada di Kota Ternate setiap hari mencapai 80 ton untuk di tampung ke Tempat Pembuangan akhir (TPA) di Kelurahan Takome. Sehingga sampah- sampah ini akan menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan pesisir.

Adapun penyakit berbahaya yang ditimbulkan plastik bagi kesehatan tubuh, yaitu dapat menyebabkan kanker, mengganggu sistem saraf, depresi, pembekalan hati, gangguan reproduksi dan radang paru-paru. Selain mengganggu kesehatan tubuh, sampah plastik juga mengganggu ekosistem lingkungan seperti, mengakibatkan banjir, menurunkan kesuburan tanah, menjerat hewan darat maupun laut, meracuni makhluk hidup, serta pencemaran air dan udara.

Mengingat juga masa terurainya sampah plastik berdasarkan jenis sampah, misalkan; kantong plastik 10-20 tahun, botol plastik 50-80 tahun, sedotan plastik 20 tahun, kemasan sachet 50-80 tahun, styrofoam 450 tahun, atau bahkan tidak terurai sama sekali. Sampah telah menjadi permasalahan global sehingga pengelolaannya perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat, dan aman bagi lingkungan, serta dapat mengubah perilaku masyarakat.

One thought on “Memperingati World Cleanup Day, FPK Unkhair bersama KLHK dan YAYASAN ECONUSA akan melaksanakan pembersihan pantai di KOTA TERNATE”

  1. Terimakasih kepada panitia pelaksana fpk.saya ingin mengikuti lomba ini tiada lain adalah untuk menambah wawasan tentang karya-karya seni pada diri individu.sekian terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *