Pengumunan Pemenang Lomba FIESTA FPIk 2020

Fpik.unkhair.ac.id.  Dalam rangka mensukseskan menyelamatkan bumi dari sampah yang volumenya kian membeludak ini  banyak hal kreatif dan inovatif yang bisa kita lakukan. Salah satu bentuk partisipasi Fakutlas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Khairun Ternate dalam memerangi sampah adalah dengan mengadakan kampanye sadar sampah yang dikemas dalam bentuk Festival Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa Tingkat Nasional (FIESTA FPIK 2020) yang digelar baru-baru ini.  Festival yang diikuti oleh  berbagai Perguruan Tinggi di Indoensia ini diawali dengan bersih-bersih pantai pada masing-masing daerah di mana Perguruan Tinggi berada. Akhir dari Festival adalah kegiatan lomba-lomba yang diusung dengan Tema “Menghimpun Inovasi dan Kreativitas Untuk Laut Sehat Berkelanjutan”.

Jenis-jenis Lomba yang diikuti oleh 17 (delapan belas) Perguruan Tinggi ini antara lain LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah); Lomba Essai, Lomba Inovasi Produk; dan Lomba Videography. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tahapan regiatrasi peserta, pengumpulan naskah atau karya; seleksi finalis oleh panitia; resentasi serta penilaian oleh Dewan Juri dan diakhiri.

Khusus untuk tahapan Seleksi Finalis oleh panitia, peserta yang karyanya atau naskahnya tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh panitia, maka keikutsertaannya dibatalkan dan dianulir sebagai peserta Lomba FIESTA FPIK 2020. Pada tahapan ini, ada beberapa peserat yang diminta untuk memperbaiki karyanya dan yang tidak mengindahkan permintaan panitia, keikutsertaannya dianulir.

Meskpiun kondisi kita sedang berada dalam situasi yang kurang menguntungkan karena Pandemi COVID-19, namun antusias Perguruan Tinggi untuk mengirimkan utusannya mengikuti Lomba yang diadakan secara daring ini tetap cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah peserta dari perguruan tinggi di luar Maluku Utara yang mengirimkan karya dan naskahnya untuk mengikuti lomba yakni sebanyak 46 peserta dari 17 Perguruan Tinggi (Institut Teknologi Sepuluh November; IPB University; Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana; Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo; Politeknik Negeri Malang; Univ Mataram; Universitas Airlangga; Universitas Brawijaya; Universitas Diponegoro; Universitas Halu Oleo; Universitas Hasanuddin; Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya; Universitas Mataram; Universitas Nahdlatul Ulama Lampung; Universitas Narotama; Universitas Negeri Semarang; Universitas Sriwijaya; dan Universitas Yapis Jayapura).

Setelah melalui proses evaluasi/seleksi  naskah dan karya, presentasi, penilaian dan diskusi oleh tim juri akhirnya diumumkan peserta Lomba yang menjadi pemenang dalam kompetisi ini.  Pengumuman pemenang Lomba pada semua bidang lomba Festival Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa Tingkat Nasional (FIESTA FPIk 2020) ini website https://www.fpik.unkhair.ac.id pada Tanggal 17 Nopember 2020 dan juga melalui instagram @fiesta_fpikunkhair2020

DOWNLOAD BERITA ACARA PEMENANG LOMBA

Berikut ini adalah pemenang pada masing-masing bidang Lomba

  1. Lomba Karya Tulis Ilmiah

Juara I :         Erlena Umanahu (Ketua)  dan Revi Rimadhani Muksin (Anggota) dari Universitas Khairun dengan judul Naskah “Mikroplastik Dalam Ikan Konsumsi di Provinsi Maluku Utara, Efeknya Bagi Kesehatan dan Upaya Penanggulangannya”

Juara II :        Adha Susanto (Ketua), Rahma Nur Kharisma dan Ayunda Ainun Nisa (Anggota) dari Universitas Diponegoro dengan judul naskah “Kitosis (Kitoan Imunostimulan Non Spesifik) Inovasi Bahan Pakan Berbasis Kitosan Sinbiotik Untuk Meningkatkan Imunostimulan Non Spesifik Udang Ramah Lingkungan”

Juara III :      Anang Prayitno (Ketua), Ovia Citra Ekasari dan Nur Eka Hartiningrum (Anggota) dari Universitas Brawijaya dengan judul naskah YAHUT Park (Yaang Labuhan Mangrove Educational Park): “Rancang Bangun Pariwisata Edukasi Mangrove Berbasis Integrated System dalam Upaya Peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) di Kabupaten Lamongan” 

  1. Lomba Essai

Juara I :         Yolandha Sephiani Nurhafifah dari Universitas Airlangga dengan judul Naskah “Atlantis: Inovasi Alat Pendeteksi Kebersihan Laut Berbasis Internet of Things dan Alarm Otomatis Sebagai Pengontrol Kelestarian Lingkungan Perairan”

Juara II :       Muhammad Yogi Alfito Valentino dari Universitas Semarang dengan judul naskah “Integrated Beach Tourism (INBETOUR): Optimalisasi Potensi Pantai Melalui T-Socul Berlandaskan Sustainable Smart Blue Menuju Akselerasi Ekonomi di Kabupaten Jepara”

Juara III :      Ririn Ika Neisila dari Universitas Mataram dengan judul naskah “REHUMA (Reboisasi Hutan Mangrove): Konservasi Berbasis Ekowisata Sebagai Upaya Pelestarian dan Pemanfaatan Ekosistem Mangrove Yang Berkelanjutan di Desa Dadap, Lombok Timur”

  1. Lomba Inovasi Produk

Juara I :         Sahlan Muridun dari Universitas Khairun dengan Nama Produk “Kursi Ecobrick Elegan”

Juara II :       Arief Rubiana Basarah dari Universitas Airlangga dengan Nama Produk “Hand Sanitezer dari Kulit Udang/Kitosan

Juara III :     Sukarya Ipang dari Universitas Khairun dengan nama Produk “Umpan Buatan dari Sikat Gigi Bekas”

 

  1. Lomba Videography

Juara I :         Kelompok Satria dari IPB University dengan Judul Video “Menjaring Sampah di Indonesia”

Juara II :       BDP Twenty dari Universitas Khairun dengan Judul video “Manusia dan Sampah”

Juara III :      GA Picture dari Universitas Diponegoro dengan Judul Video “Professor Lingkungan”

Yang bertindak Juri pada lomba ini berasal dari berbagai instansi dan Lembaga yang dianggap kompenten untuk menilai karya dari para peserta. Bertindak sebagai Juri pada Lomba Karya Tulis Ilmiah adalah Dr. M. Farid Samawi (Universitas Hasanuddin); Dr. Ervia Yudiati (Universitas Diponegoro); dan Dr. Najamuddin (Universitas Khairun), Juri pada Lomba Essai adalah Dr. Jusri Nilawati (Univ. Tadulako; Nur Hasanah, PhD (Univ. Gadjah Mada; dan Dr. Gamal M. Samadan (Univ. Khairun), Juri pada Lomba Inovasi Produk adalah Ses Rini Mardiani, S.Pi, M.Sc (USAID Sea Project); Djanuar Arifin, S.E (Kementerian LHK- RI); dan Darmawaty, S. Pi, M.Si (Unkhair) serta Juri pada lomba Videography adalah Supyan, S.Pi, M.Si (Unkhair); Apriasih (EcoNusa); dan Betly Taghulihi, M.Par (Unkhair).

Menurut Irwan Abdul Kadir selaku Wakil Dekan III FPIk Unkhair yang merangkap sebagai koordinator kegiatan FIESTA FPIK 2020 ini, kegiatan ini dilaksanakan selain dalam rangka mendorong pengembangan iptek dan mewujudkan ide-ide kreatif yang mendukung sustainable  development, juga untuk mendukung pengembangan Inovasi sekaligus meningkatkan kreativitas dan prestasi mahasiswa. Oleh karena itu, karya-karya maupun produk-produk yang dihasilkan dari lomba ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *